Selasa, 11 Oktober 2016

BUATLAH WASIAT UNTUK ANAK-ANAKMU KARENA ANAKMU PERLU DI ARAHKAN KE JALAN TUHAN

Assalamualaikum

halo sobat jagat, gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat barokah dalam hidup ini..amin

mohon maaf sudah beberapa bulan setelah memegang proyek relokasi jadi jarang posting-posting lagi..padahal begitu banyak yang ingin ane corat-coret tapi karena kesibukan jadi daya belum sampai ke keinginan..hayah kayak penyair aja..


postingan ane kali ini mengangkat tema tentang wasiat kepada anak-anakmu. sebenarnya ini bukan hal yang baru bagi saya tetapi sudah sejak jauh hari bahkan sebelum nikah sudah menyiapkan sebuah wasiat untuk sang penerus pelipur hati. 

apakah penting sebuah wasiat ?..

sangatlah penting wasiat itu karena anak2 itu tidak mungkin tahu tujuan hidupnya dan hanya melihat sekitar terutama keluarga. apakah sudah betul hidup kita. kebanyakan mereka meniru tak jauh apa yang orang tua kerjakan. kalau orang tuanya polisi anaknya ikut polisi, orang tua guru anaknya juga guru bahkan jika ayahnya penjudi anaknya sedikit banyak ikut menjadi penjudi. tetapi semua orang tua tentunya pengen anaknya menjadi orang yang baik bahkan kalau orang islam ingin anaknya soleh. walaupun kebanyakan orang tua di ajak ngaji aja susah.

untuk itu pentingnya wasiat yang baik yang akan mengantarkan anak2 untuk selalu tidak mengalahkan 3 cinta..yaitu :
1. cinta Alloh
2. cinta rosululloh
3. cinta perjuangan
karena hanya dengan cinta saja dapat menembus akal fikir yang selalu memakai logika dalam melihat sesuatu. padahal tuhan tidak bisa dilihat dengan akal fikir tapi hanya mampu dilihat dengan cinta karena cinta tidak melihat bentuk tetapi melihat keindahan..
- bagaimana mungkin kita tidak cinta Alloh kalau setiap melihat ciptaannya kita menjadi takjub, kita menjadi kecil dan menjadi seorang hamba yang selalu disayang setiap saat tanpa kita minta.
- bagaimana mungkin kita tidak cinta rosululloh kalau gerak langkah kita yang menuju kehidupan yang hakiki hanya mampu terjadi bila mengikuti beliau rosululloh sang penunjuk jalan kebenaran
- dan bagaimana mungkin kita tidak cinta perjuangan kalau didalam perjuangan kita dapat mengenal rosululloh dan akhirnya dapat mengenal Alloh. karena setiap langkah menuju perjuangan adalah langkah yang di iringin dengan iman.

karena itu dalam sebelum nikah saya sudah menyiapkan sebuah wasiat agar keluargaku terutama anak2 tidak boleh meninggalkan perjuangan dalam hal ini perjuangan di shiddiqiyyah karena ane sendiri mengikuti dan meyakini perjuangan dishiddiqiyyah adalah perjuangan yang hakiki yaitu perjuangan lailahailalloh. artinya perjuangan yang hanya untuk Alloh bukan karena materi maupun pujian2 dari orang lain.

dalam melaksanakan perjuangan di shiddiqiyyah begitu berat dan payahnya tanpa adanya sebuah organiasi sedangkan organisasi memerlukan materi. kalau hanya organisasi tanpa materi akan terasa berat. untuk itu saya teringat penjelasan bapak kyai mengenai kemamkmuran sebuah negeri, sebuah kota, desa bahkan keluarga ada 4 kunci. dan jika ini terlaksana maka akan menjadikan kemakmuran sebuah negeri tersebut.
apakah 4 kunci kemakmuran negeri tersebut :
1. ilmu ulama
2. pemimpin yang adil
3. orang kaya yang dermawan
4. doa orang miskin

Kamis, 18 Agustus 2016

CUCI GUDANG TOKO JAGAD KOMPUTER

Assalamualaikum..


halo sobat jagad gimana kabarnya, semoga baik-baik saja ya

dalam rangka mensyukuri nikmat kemerdekaan bangsa indonesia dan berdirinya negara republik indonesia maka toko jagad komputer memberikan harga yang murah dengan barang yang kualitas baru..


banyak kok..bisa langsung mengunjungi toko atau cek di web kami..

http://jagad-komputer.blogspot.co.id







monggo gan diorder aja..mumpung barang masih ada..

semoga bermanfaat

Alhamdulillahirobbil alamin

Kamis, 04 Agustus 2016

PELAJARI DAN GALI ISI AL QUR'AN. JANGAN PERNAH RAGU SEDIKITPUN KARENA ITU DARI ALLOH..

Assalamualaikum..

halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat barokah dari Alloh..

sebenarnya saya mau membuat posting-posting yang lebih banyak, cuma karena kesibukan jadi males deh..males ini nih yang jadi penyakit ane. cuma kali ini ane mau luangin waktu buat nulis sedikit pemikiran dari ane setelah kemarin membaca-baca artikel dan status dari temen-temen.

masa ini tuh masih masanya orang baru mengenal dunia luar. kenapa begitu karena sekarang ini internet sudah masuk ke desa-desa, hp yang support buat internetanpun harganya terjangkau. sehingga akses dunia luar terbuka. begitu juga sekarang ini merabak kebebasan berpendapat terutama dalam media sosial. hal itu membuat banyak masyarakat yang asal sesuai dengan logika semua di like dan di ikuti aja. kemudahan informasi ada baiknya namun juga tetep ada kekuranganya. 

ane liat ketika postingan itu masuk akal banyak yang mengikuti bahkan membagikan tanpa melihat dari segala sudut agar berita itu bisa terfilter terlebih dahulu. sampai saat ini orang orang lebih mendewakan syeh GOOGLE. google dijadikan sebuah rujukan untuk semua kebutuhan informasi yang ada. bahkan sampai fatwa ataupun referensi keagamaanpun diambil dari google. parahnya lagi berani menafsirkan Al qur an tanpa ada guru. ini yang menjadikan orang islam itu menjadi radikal, menjadi keras dan kurang memperhatikan kemanusian. padahal inti dari agama islam itu harus memberikan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain.

banyak temen-temen yang beragama islam mengerjakan sesuatu itu mengatakan berdasarkan al qur an dan hadist. tetapi menurut pemahaman mereka bukan karena diajarkan oleh seorang ustad, guru, kyai. bahkan temen-temen yang mondok dipesantren yang sudah puluhan tahun pun belum tentu jadi kyai. karena semakin lama menuntut ilmu dipesantren itu akan merasa semakin sedikit pengetahuannya, sehingga tidak akan mengambil keputusan yang gegabah. tetapi anehnya mereka yang baru belajar sebentar tentang agama, bahkan tidak pernah punya gurupun berani membuat keputusan berdasar al qur an. fenomena ini yang sekarang ini sedang diperlihatkan temen-temen islam. mereka merasa diri paling benar dan menganggap orang lain yang beragama lain salah.

bacalah al qur an lagi saudaraku..bahwa islam itu agama sempurna itu benar tapi kalau agama lain salah itu yang gak benar. al qur an pun mengakui tentang adanya agama lain. coba cari sendiri aja mana ada menyalahkan agama lain. yang disebut al quran salah itu adalah menyembah berhala. berhala maknawi yang artinya sangat luas. ketika kita hidup dan hanya menganggap uang itu segalanya dan mampu menggerakkan orang bahkan merubah orang itu juga dinamakan menyembah berhala. bahkan hal sederhana ketika kita sakit dan menganggap obatlah yang menyembuhkan itu juga termasuk syikik alias menyembah selain Alloh dengan kata lain menyembah berhala. 

untuk itu bersikaplah bijak terhadap orang lain dan jangan jadikan islam itu agama yang radikal. tetapi tunjukkan islam itu agama yang santun menghargai perbedaan. bukankan semua manusia itu ciptaan Alloh. terus kenapa ada yang berani menyiksa mereka tanpa hanya karena berbeda agama.trus salahkah mereka diahirkan dari keluarga yang berbeda dengan kita?..tentu kita harus bijak dalam menyikapi perbedaan. bukankan untuk menjadi islam butuh hidayah dari Alloh. kita hanya perantara hidayah saja bukan penentu. makanya jangan memaksakan orang lain mengkuti kita.

LHA KOK KEBANYAKAN CERITA MALAH..

oiya maaf malah cerita ngalor ngidul. tetapi itu perlu sebagai muqodimah tentang pentingnya guru didalam mempelajari al qur an dan hadist. maksud ane mengangkat tema ini adalah mengenai pentingnya al qur an dan hadist sebagai pedoman bukan sebagai setempel saja yang selalu dibelakang penelitian. maksudnya apa ketika hadist mengajarkan kepada kita untuk minum sambil duduk. kita jarang melaksanakan. tetapi kemudian sekarang ini di teliti bahwa ketika kita minum dengan duduk maka ginjal kita akan tertutup sehingga jika air yang kita minum mengandung racun maka tidak lang ke ginjal tetapi tertampung dulu. ketika ada penilitian baru kita mengikuti.

padahal itu dalam islam sudah lama sekali didikannya. banyak sekali didikan-didikan islam tentang makan harus dengan tangan kanan, bagai mana cara mandi, cara buang hajat, bahkan cara melakukan jima' atau berstubuhpun ada aturanya dalam islam. tapi itu belum diteliti sehingga orang islam sendiri ya sudahlah. berlalu aja tanpa menghiraukan.
itu baru hadist yang merupakan ucapan dan tauladan rosul. apalagi al quran yang langsung dari Alloh. tentu lebih benar lagi.

ane masih inget pesen sang guru bahwa galilah al quran dan ciptakan teknologi baru karena banyak dari Al qur an yang belum diuraikan dan itu merupakan solusi dari semua persoalan didunia ini. baik politik, teknologi, ekonomi dan sosial.

ada contoh bahwa al quran itu tidak mungkin salah..

mari kita lihat surat Al lahab.(gogling sendiri ya gan).mengenai paman nabi abu lahab diterangkan disurat itu abu lahab tidak akan masuk islam . padahal turunya surat itu 10 tahun sebelum abu lahab meninggal. seharusnya kalau logika berfikir umat dulu kalau mau menyalahkan al quran gampang aja to. tinggal abu lahab masuk islam aja. kan dengan sendirinya al quran salah. wong keterangan tentang abu lahab tidak terbukti. waktu 10 tahun itu sangat lama dan banyak kesempatan untuk masuk islam. tetapi tidak dilakukan abu lahab sampai meningga dia tetap kafir ( kafir ini sebutan untuk orang yang menyembah selain Alloh alias selain islam..jadi kalau ada non muslim dipanggil kafir biasa aja gan itu istilah aja.seperti bapak itu orang tua laki2, ibu adek dll). itu bukti sederhana gan banyak lagi bukti yang lain.

contoh yang mudah itu aja.

jadi kalau mengikuti al qur an insyaAlloh mesti selamat tetapi dengan syarat harus ada gurunya. karen sesuatu yang baik itu kalau penafsiaran salah jadi salah. contoh sederhananya. ketika kita pulang kerumah tetapi kunci ilang kemudian kita manjat dinding agar bisa masuk rumah. kalau orang yang nggak tahu akan mengatakan pencuri. tetapi bagi orang yang sudah tahu dia memaklumi wong rumahe sendiri. maka bagi orang yang tidak tahu yo harus tanya kepada orang yang lebih tahu.

begitu gan..lanjut nanti gan baru ada kerjaan..semoga bermanfaat

alhamdulillah

Senin, 25 Juli 2016

TAK GENDONG KEMANA-MANA...ENAK TO..

Assalamualaikum..

halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga senantiasa mendapat barokah dari Alloh.

ane di pensantren majmaal bahrain shiddiqiyyah
 
 ane ama keluarga

 itu saudara ane. ketemu dijombang sama yang kerudung putih itu ibu ane.
beliaulah semangat juang kami
 lokasi lapangan hubul waton minal iman



mohon maaf setelah sekian lama baru corat-coret blog lagi. maklum setelah agak senggang dengan proyek relokasi BTS masih numpuk segudang PR dirumah. servisan yang lama tak tinggal belum tersentuh dan menunggu belaian.. walah lebay.

sekrang ini betapa banyak berita-berita yang gak jelas yang ujung-ujungnya tuh provokasi. katanya jihad, katanya menolong agama Alloh, katanya berjuang tapi malah membikin rusuh sana-sini bikin tidak tenang sana-sini dan ujung-ujungnya islam dipertanyakan kebaikannya. sebenarnya tema yang ane angkat tuh bukan lagunya mbah surip yang judulnya tak gendong. tetapi lagu itu bisa menggambarkan sebuah cara atau sistem kita yang nggak mau berjalan sendiri alias masih butuh digendong.

ketika kemarin romadhon kita ngaji ke pesantren dalam acara lailatul mubarokah atau malam nuzulul qur' an. didalam mauidhoh beliau sang guru mengajak kita para murid untuk menyanyikan lagu tak gendong kemana-mana. tentu saja hal ini mengundang para ikhwan maupun santri dari seluruh nusantara segera berfikir untuk merumuskan maksud dari sang guru. begitulah selalu ketika sang guru dawuh atau memberikan perintah ataupun memberikan wejangan kita harus membuka diri kita untuk mecerap apa yang beliau ingin sampaikan. sang guru memberikan wejangan tersirat dikarenakan banyaknya santri atau murid ada yang tingkatan awam, ada yang tingkatan sedang dan berbeda-beda tingkatan. karena itulah sang guru untuk memberikan wejangan umum dan untuk wejangan khusus dibuat tersirat agar tidak membebani semua murid. itu jugalah cara para wali songo dalam berdakwah. lewat tembang yang kelihatan lucu tapi sebenarnya bermakna. hal ini agar mudah dipahami dan di ingat. karena hidayah Alloh bisa datang kapan saja tergantung kesiapan setiap manusia.

malah ngomong ngalor ngidul..

kembali ke bahasan secara singkat beliau menyindir karena waktu itu semua oraganisasi di lingkungan pesantren hadir. 

secara singkat isi nya seperti ini " kalau mau jalan motornya dipanasi dulu, kalau sudah siap jalan pakai motornya agar cepat sampai tujuan"..kemudian diajak nyanyi tak gendong "tak gendong kemana. tak gendong kemana. enak to.tak gendong kemana-mana.enak to"

begitu sederhana kata-kata beliau diiringi candaan tapi bagi sebagian santri yang mengerti maksud beliau. hal ini merupakan sebuah wejangan yang sangat besar dan sangat dibutuhkan dalam menggapai tujuan dan cita cita dari beliau sendiri untuk merajut nusantara.

ini saya coba sedikit menguraikan apa yang beliau siratkan dalam mauidhoh itu. mohon maaf jika dalam menguraikan nanti ada perbedaaan. tapi semata-mata hanya untuk mencari tahu ilmu yang tersirat dan mencari ilmu itu seperti jihad bahkan ibadah berfikir itu lebih ibadah yang sangat besar nilainya. jadi kalau memang ada perbedaan cara pandang dan pendapat kita hormati dan semakin memperkaya ilmu yang ada.

dari yang pertama mengenai motor harus dipanasi dulu. bagi saya sendiri itu maksudnya sangat luas namun disini sedikit aja karena keterbatasan saya. kata-kata motor ini sendiri maksudnya adalah sebuah kendaraan. makna dari kendaraan sendiri kita sering mendengar sebuah alat untuk melaksanakan tujuan. tentu saja disini yang dimaksud adalah organisasi. oraganisasi yang ada dipesantren yang merupakan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut banyaknya murid se nusantara agar bisa bersama-sama berjuang untuk mencapai tujuan. kenapa ketika bahas kendaraan fikiran saya ke organisasi karena sering mendengar juga dalam pidato-pidato bahwa organisasi merupakan kendaraan. dan hanya alat saja. organisasi tanpa yang ada yang menggerakkan juga tidak jalan. begitu juga kendaraan harus ada yang menggerakkan.

motor harus dipanasi. kalau dipanasi berarti kondisi mesin dicek. dicek mesinya, bbm nya, rosanya, lampu dan semuanya posisi dicek. kalau kita manasi motor kemudian nggak nyala tentu kita cek, atau ban bocor tentu kita tambal. intinya semua bagian harus dikondisikan normal dan layak jalan agar tidak terjadi apa-apa dijalan. hal ini kalau dihubungkan dengan organisasi maka dalam berorganisasi harus selalu dicek bagian-bagian organisasi. udah lengkap semua belum. kalau sudah lengkap harus dipanasi harus dicek semuanya. mana yang rusak diperbaiki yang tidak bisa diperbaiki diganti. dengan memberikan event ada acara seperti pembangunan rumah layak huni bagi yang tidak mampu dalam menyambut kemerdekaan, dalam acara sumpah pemuda, dalam acara maulid, event tahun baru hijriah, dan banyak lagi. event itu merupakan pemanasan berkala untuk mengetahui bagian organisasi yang jalan dan yang nggak jalan. dengan adanya event akan ketahuan yang masih jalan dilanjutkan yang surah tidak jalan diperbaiki. untuk itu pentingnya si pengemudi atau pemikir dalam organisasi.

dalam melakukan pemansan jangan meremehkan hal kecil, karena semua bagian ada gunanya. begitu juga organisasi jangan meremehkan kemampuan yang keliatan sepele seperti hanya bantu-bantu sedikit bahkan hanya membantu doa. semuanya sangat penting. bahkan pentil di ban motor yang harganya murah itu pun manfaatnya besar, tanpa itu jalanya egol karena ban kempes. begitulah kita menghargasi setiap bagian dari organisasi dan semua harus terlibatagar menjadikan kendaraan bisa berjalan dengan nyaman..

setelah semua bagian sudah dipastikan bekerja semua maka saatnya menuju tujuan yang lebih jauh lagi. disini sang guru memberikan perintah untuk merajut nusantara, karena nusantara sudah mulai dicabik-cabik lagi baik bangsa lain maupun bangsa sendiri. kenapa nusantara kok tidak merajut islam. begitulah kalau kalau berdakwah harus fakta bicara. kalau kita gembar-gembor berjuang untuk islam tapi islam sendiri tidak jelas seperti apa maka mustahil itu. maka sebagai umat islam kita harus merajut nusantara sebagai ibu pertiwi kita. setelah nusantara sudah dirajut maka orang bergama islam diindonesia bisa semakin kokoh. karena ekonomi baik, politik stabil, masyarakat punya jatidiri dan kepercayaan diri dalam berjuang karena sudah mapan. setelah perjuangan kedalam selesai dan nusantara ini menjadi super power negara yang berdikari. karena itu dinegara lain kita disegani. dari situlah kita tunjukkan ke dunia sperti apa umat islam itu. kita bantu saudara kita dipalestina, di bima, di syuriah dan lain. banyak orang mesti berfikir mana mungkin. wong kita aja carut marut. begitulah kalau kekuatan dan keberhasilan disandarkan kepada kekuatan manusia maka oleh leluhur kita di tulis dalam pembukaan UUD 45.. ATAS BERKAT ROHMAT ALLOH YANG MAHA KUASA DAN DENGAN DIDORONGKAN OLEH KEINGINAN LUHUR...

sandarkan kepada Alloh yang mempunyai kuasa. kalau berjuang-berjuang tetapi menyusahkan orang itu seperti kita berlomba karena kita merasa gak mampu menyaingi trus kita main kekerasan. itu bukan cara islam. islam mengedepankan hikmah baru kemudian mauidhoh. kalaulah kita menempatkan Al qur an dan hadist diatas semua ilmu dialam ini tentu islam akan besar. tetapi kita lupa dan ikut-ikutan menempatkan penelitian diatas al qur an sehingga selalu ketika ada penelitian yang baru kita membenarkan dengan metode dalam al quran. jadi al qur an hanya sebagai setempel pembenaran.

makanya mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan. jangan memisahkan ilmu pengetahuan dengan agama. karena dasarnya semuanya bersumber dari Alloh dan Alloh telah menuliskan itu semua dalam Al quran dan hadist. tinggal kita mau belajar kepada yang ulama saja. jangan belajar sendiri karena kalau tidak paham akan tersesat.

walah banyak amat tulisane..

tak gendong kemana-mana..
ini merupakan sindirkan terhadap organisasi kita. karena kita tidak menggunakan kendaraan yang sudah ada tetapi memilih dengan cara digendong. artinya apa?..dalam mengajak orang untuk mencapai tujuannya. kita tidak aktif dalam berfikir untuk mencari cara agar mudah dalam bergerak. kita masih menunggu arahan-arahan dari sang guru. sehingga beliau kadang resah dan capek karena semua organisasi dalam geraknya menunggu digendong. menunggu perintah padahal tujuan sudah jelas ada tinggal menjalankan saja. mungkin itulah pentingnya untuk manasi motor dulu agar tidak udah digendong kemana-mana. agar bisa jalan cepat dan tidak neyusahkan orang lain. maka para semua bagian oraganisasi harus gerak sesuai dengan fungsinya dan jangan saling mejegal satu sama lain. sehingga tujuan besar yang diharapkan sang guru bisa terlaksana. dalam merajut nusantara. jadi bukan hanya masalah agama saja. tetapi merajut dalam segi politik, dari segi ekonomi, dari segi sosial, ilmu pengetahuan dan lain-lain. sehingga indonesia menjadi negara usper power dunia. dengan menjadi negara super power dunia akan memudahkan menularkan kebaikan-kebaikan islam dan menjadi poros perdamaian dunia. 

begitulah jauhnya pemikiran sang guru sampai seperti itu walaupun usianya sudah lanjut. untuk itulah beliau gembleng para ikhwan, santri dinusantara maupun yang ada dinegara lain untuk merajut nusantara. 

kalau kita pahami lagi mungkin itulah solusi dari temen-temen didaerah-daerah ketika semakin putus asa dan merasa berat dalam melaksanakan kegiatan organisasi yang memang tidak boleh ada bantuan yang ujung-ujungnya minta imbal balik. 

sekali lagi marilah dalam momen yang masih syawal ini kita semangatkan lagi jiwa pejuang. kita rekatkan tali shilaturohmi. kita tunjukkan ciri organisasi kami yaitu 3S, shilaturohmi, santun, dan shodaqoh.

terimakasih semoga bermanfaat. mohon maaf jika ada kesalahan
wassalamu ala mani tabaal huda

wassalamualaikum
-ULET DALAM PERJUANGAN
  -SANTUN DALAM KEMENANGAN
    -SYUKUR DALAM PENGISIAN

Selasa, 05 Juli 2016

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1437 H/ 2016 M

Assalamualaikum..

halo sobat jagat, gimana kabarnya?..baik2 baik saja bukan..semoga selalu mendapat barokah dari Alloh..

mohon maaf temen2 jagad, baru kali ini bisa posting. itupun karena diniatkan buat posting..mohon maaf karena belum bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan. maklum saja baru ngerjain project relokasi di PT. T****sel. perangkat 2G & 3G sekarang sudah beranjak integrasi ke 4G. banyak sekali sampai gak sempat posting di web sinauon-line lagi..

sebelum nya ane ucapin minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir batin..kami atas nama segenap crew jagad komputer mohon maaf kalau ada kata ada postingan yang tidak berkenan dihati temen2..

ane mewakili tim jagad..temen2 pas libur nggak ada fotonya

akhirnya terimakasih

wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Selasa, 05 April 2016

ROBOT BUATAN MAHASISWA UNISSULA JUARA UMUM LOMBA ROBOT INTERNATIONAL DI AMERIKA

Assalamualaikum..

halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga Alloh selalu memberikan barokah kepada kita..amin

Kali ini ane mau share aja hasil lomba robot temen tim robotik unissula. hari minggu malem tuh bbm grup robotik unissula rame..ane lihat ternyata temen-temen baru membicarakan hasil lomba tim robotik unissula mewakili indonesia dalam ajang international di amerika. 

ternyata prestasi yang luar biasa..bawa robot 4 juara semua masih ditambah best performance. melawang 80 robot dari berbagai negara..ane hampir saja menangis terharu. ane dan istri ane sangat bersyukur sekali karena memang merupakan alumni robotik unissula. ane tak nyangka betapa payahnya pertama kali mendirikan riset robotik itu. banyak sekali cerita yang tidak mungkin bisa diceritakan semua. baik yang pribadi maupun cerita bersama temen2. 

universitas yang tidak terkenal untuk teknik elektronya karena merupakan universitas swasta sekarang bisa bangga dengan prestasi robotiknya. saya sangat berterimakasih kepada semua yang terlibat khususnya tim robotik unissula. peran alumni juga luar biasa yang selalu support walaupun hanya berupa doa tetapi itu suatu kekompakan yang luar biasa. mohon maaf saya hanya bisa bantu doa dan tidak bisa terjun langsung sama2 temen2 robotik. sebagai alumni tentu rasanya bangga makanya pertama kali saya ucapkan terimakasih kepada mereka. karena mereka mengangkat almamater. yang dulu malu bilang dari teknik elektro unissula sekarang berani karena memang ada prestasi yang luar biasa.

jadi kalau di amati bahwa keberhasilan menjadi juara itu nggak harus di kuliahan yang bagus. dimanapun bisa prestasi itu diukir tentu dengan keuletan. dan hal itu ane lihat sendiri waktu ane maen di ruang robotik. siang malam belajar mencoba robotnya seperti temennya..hehe..walah lebay..

SEKALI LAGI ANE BESERTA ALUMNI UNISSULA MENGUCAPKAN SELAMAT DAN TERIMAKASIH SUDAH MENJADI BERPRESTASI..jadi pengen mewek..keinget masa2 robotik dulu..hik..hik..

http://inet.detik.com/read/2016/04/04/163239/3179414/398/robot-buatan-mahasiswa-unissula-juara-umum-di-as?code=bb7129e25e8de35e477b552d8fd3674d4342fce4

Robot Buatan Mahasiswa Unissula Juara Umum di AS

Angling Adhitya Purbaya - detikinet
Senin, 04/04/2016 16:32 WIB
Robot Buatan Mahasiswa Unissula Juara Umum di AS Foto: detikcom/angling
Jakarta - Tim Robotik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menyabet gelar juara umum pada kontes robot internasional di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hartford, Amerika Serikat. Ajang Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest tersebut diselenggarakan pada 2-3 April kemarin.

Tim robotik yang terdiri dari tiga mahasiswa Fakultas Teknologi yaitu dari Faisal Aminuddin, La Ode Muhammad Idris, dan Ahmad Zuhri itu bersaing dengan 80 tim kontestan dari berbagai negara. Antara lain Tiongkok, Israel, dan berbagai negara bagian di Amerika Serikat.

Sesuai dengan kategori dan aturan, tim Unissula membawa empat robot yaitu dua robot pemadam api beroda bernama Khaum I dan Khaum II serta dua robot pemadam api berkaki, dengan nama Sultan Agung I dan Sultan Agung II.

Ada tiga tingkatan mulai dari tingkat junior atau dasar, tingkat high school, kemudian senior untuk mahasiswa dan umum, dan walking category untuk robot pemadam api berkaki. Tim robotik Unissula menjadi juara umum setelah memborong berbagai juara antara lain robot pemadam api beroda menjadi juara I dan II pada kategori senior. Lalu juara I dan II pada kelas Robot pemadam api berkaki, meraih penghargaan robot dengan performa terbaik serta best score pada level 2 dan 3.

Tim Indonesia sempat nyaris tertinggal dari tim Israel pada level 1, namun dua level berikutnya membalik keadaan dengan robot Khaum I dan Khaum II. Idris mengaku sempat mengalami kendala karena perubahan aturan mendadak sehari sebelum pertandingan. Hal itu membuat timnya harus mencari komponen di negara yang baru pertama mereka kunjungi itu.

"Banyak kendala yang dialami tim baik selama persiapan maupun pada saat menjalani lomba di Amerika. Salah satu kendala yang paling berat adalah perubahan rule atau peraturan lomba yang mendadak membuat kesiapan menjelang lomba menjadi terganggu. Bahkan sehari menjelang lomba ada perubahan peraturan baru sehingga robot yang sudah dibuat harus diseting ulang dan bahkan tim sempat kesulitan untuk mendapatkan komponen," kata Idris lewat pesan email, Senin (4/4/2016).

Meraih juara umum di ajang internasional, lanjut Idris, membuatnya bangga karena bisa menang di negara yang menjadi kiblat kemajuan teknologi. Ia pun puas bisa mengibarkan bendera merah putih di lokasi perlombaan dengan predikat sebagai pemenang.

"Kami sanggat bersyukur kepada Allah bisa menjadi juara umum di negara yang selama ini menjadi kiblat kemajuan teknologi dunia, kami juga sangat bangga sebagai wakil resmi Indonesia bisa mengibarkan bendera merah putih dengan penuh rasa bangga sebagai putra Indonesia. Tak lupa kami mengucapkan terimakasih atas segala dukungan termasuk dari Kemenristekdikti yang ikut mendampingi selama acara," tandas Idris.

Dalam kontes itu, Indonesia mengirim dua perwakilan yaitu Unissula dan Universitas Sriwijaya Palembang yang juga sebagai pemenang Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tahun 2015 kategori robot pemadam api berkaki.

"Kami berterimakasih atas doa dan dukungan civitas akademika, pimpinan Unissula dan Pengurus YBWSA atas prestasi tersebut. Ini membuktikan bahwa para mahasiswa Unissula juga bisa bersaing di level internasional dan bahkan bisa menjadi juara umum tentu ini prestasi yang sangat membanggakan," kata wakil rektor III, Sarjuni SAg MHum yang ikut mendampingi ke AS.

(alg/fyk)

karena difacebook temennya banyak anak robot jadinya langsung rame..merah semua ..hehe




SELAMAT ATAS PRESTASI YANG DIRAIH TETEP BERJUANG UNTUK ILMU JANGAN LUPA TETEP JANGAN LUPAKAN 3S (SHILATURAHMI, SANTUN, SHODAQOH)..

alhamdulillah.
semoga bermanfaat

Kamis, 31 Maret 2016

AMALIN ILMU 2 @ KOTA TEGAL

Assalamualaikum..

halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga hidup yang singkat ini tambah barokah..amin..

Alhamdulillah Alloh memberi kesempatan ane & temen2 buat ngamalin ilmu yang dimiliki..setelah kemarin ane ngisi sharing knowledge dikudus. sekarang dapat kesempatan dari Alloh untuk ngisi sharing sesion di kota tegal..untuk peserta dari network operation pekalongan area dan tegal area. tentu ini sesuatu banget karena disamping bisa ketemu temen-temen lapangan atau kopdar tentu saja dapat mencicipi masakan ditegal terutama katanya sate batibul yang terkenal sama tahu aci nya..


tentu setiap momen mesti berbeda cerita dengan momen yang lain. kali ini ane hampir gak berangkat karena ketinggalan kereta. maklum bangun kesiangan jam 5.40 padahal kereta berangkat jam 6.20. mungkin karena masih capek karena hari kemarin baru dari jombang buat ikut bimbingan sholat dipesantren majmaal bahrain hubul waton minal iman shiddiqiyyah. pagi dateng dari jombang langsung berangkat ke semarang buat kerja di regional telkomsel. setelah nyampe kantor ane lihat nggak ada undangan buat ngisi sharing sesion seperti rencana. berarti aman nih bisa istirahat. tetapi belum lama ditunggu nongol undangan dari temen2 network operation tegal buat ngisi sharing knowledge.

memang nggak bisa dipercepat karena harus holat subuh, kemudian mandi ditambah lagi perut sakit...weleh-weleh..setelah mandi udah jam 6.15..langsung tancap gas ke poncol dari kantor pahlawan. tetapi Alloh berkehendak lain..tiket yang sudah dipesan semalem hangus karena ane udah ketinggalan kereta. temen-temen udah jalan duluan.. ane tetap tenang karena mesti ada jalan lain dan maksud lain karena telat bukan pilihan ane. ane tanya ternyata masih ada kereta tapi jam 8 ditawang. akhirnya ane nyusul nympe ke tawang buat nunggu kereta..waktu yang lama bisa dipakai buat makan dan sante2 alhamdulillah. selalu berfikir positif aja..buat santai..

akhirnya ane nyampe tegal jam 10.20 dan dijemput sama tim dari sana. untuk sesi pertama udah diisi temen ane alhamdulillah. nyampe sana tinggal nambahi penjelasan terus praktek dilapangan agar ilmu yang sudah diajarkan bisa segera dimplementasikan.

for ane gan..


 

tim ane gan..mas bayu

tim ane lagi gan..om nurdin
for batibul

 for sate..


alhamdulillah makan siang bisa nyobain kuliner tegal yaitu sate batibul yang terkenal ane gak tau maksudnya ternyata singkatan (bawah tiga bulan). walah2 baru tau ane makanya satenya empuk banget. beda sama didesa ane..belinya katanya perkodi (20 tusuk) lho lha kuat kali makanya orang tegal..tapi bukan ane yang bayar jadi gak perlu pusing mikirnya..jadi pusing bukan karena tensi naik tapi karena bayar mahalnya hehe.

setelah istirahat makan siang ane lanjutin temen2 split jadi 2 ada yang kelokasi bts ada yang dikantor untuk praktek secara langsung yang diajarkan. alhamdulillah jadi sesuai plan. setelah itu habis ashar selesai trus santai-santai.

malemnya karena ane gak pernah ke wisata guci yang katanya air panas itu. ane sempatin calling temen yang ditegal. ternyata jauh juga dari kantor. pas malam jumat kali yach disana rame banget. ditempat pemandian yang gratis. konon katanya kalau malam jumat disitu ada mbah yang memandikan buat keperluan pesugian. tapi mbuh lah ane gak terlalu paham hal itu yang penting ane nikmati aja sambil berdoa khusus untuk menikmati ciptaan Alloh yang langsung dari Alam. dengan doa itu nanti semua cell tubuh ikut berdoa dan merasakan ciptaan Alloh dengan syukur karena panas guci membuka semua cell kalao tidak diterima dengan dzikir bahaya nanti..


for ane ama temen diguci

 panas gan..setengah jam baru berani masuk..

beli siomay anget2..


setelah ane ngisi sharing knowledge di dua tempat alhamdulillah sama memang dibutuhkan ilmunya.. dengan begitu berarti cocok sini memberi sana menerima..jadi dapat jodonya isnyaAlloh barokah..

jumat pagi naik kereta lagi dan lanjutin aktivitas diregional seperti biasa..tidak lupa pulang bawa tahu aci..


alhamdulillah semoga bermanfaat

Selasa, 29 Maret 2016

AMALIN ILMU YUK (1) @KOTA KUDUS...MUNGKIN ITULAH NANTI YANG MENYELAMATKAN KITA DALAM KUBUR

Assalamualaikum..

Halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat barokah dari Alloh..

kali ini ane mau share acara kemarin dan insyaAlloh akan continue yaitu sharing knowledge buat temen-temen network operation telkomsel. lama tidak muncul karena ada project relokasi ditelkomsel akhirnya ane ama temen2 ada waktu senggang untuk berbagi ilmu. alasannya buat mengamalkan ilmu. siapa tahu menjadi ilmu manfaat yang menolong kita dari kubur. kok bisa. kita mengamalkan ilmu yang kita perlajari buat temen2 telkomsel maupun outsource ( walaupun saya sendiri outsourcing..hehe) kemudian ilmu yang kita tularkan diaplikasikan pada pekerjaanya dan menjadi bisa atau berhasil tentu akan menjadikan bos senang dan mendapat bayaran. tentu saja bayaran buat menghidupi diri dan keluarga..bayangkan berapa yang kita tolong dengan mengamalkan ilmu.

makanya walaupun ilmu yang kita miliki bisa digunakan untuk mencari uang tapi kita nggak takut2 bangetlah ama persaingan..tentu rezqi tidak ketukar..hehe..tapi karena kita bekerja diposisi regional tentu membutuhkan temen2 lapangan yang handal.. jadi disamping dapat amal ilmu kerja kita juga menjadi ringan karena sudah saling memahami maksudnya..kalau sebelumnya tidak tahu dan tidak nyambung sekarang jadi nyambung. tapi sayang ane kemarin gak ada yang moto pas ngasih training...tapi gak masalah yang penting dapat amalan ilmu..




untuk materinya lumayan banyak..karena cuma sehari, tak ambil yang penting yaitu CO IP 2G & 3G (ini buat produk huawei ya).

materi yang bisa disharing :
level BTS :
1. co ip (osn to mtro, cascade to direct, direct to optic dll)
2. integrasi 3g
3. integrasi 2g
4. add cell 2g, 3g
5. add sector 2g, 3g
6. abisoip
7. co wmpt/umpt
8. add replace bbp
9. modernisasi BBU 3800 to 3900
10. CO-BBU
11. add adj 2g + monitoring KPI

dll

level bsc/rnc
1. rehoming bsc
2. rehoming RNC
3. rebalancing xpu
4. migrasi GOU
5. split lac
dll

ane gak master lho gan..cuma sharing sedikit yang ane bisa..jadi judulnya sharing knowledge..kita yang ngisi training tapi kalau ada yang salah dibetulkan bahkan ditambah..jadi saling mengisi..sehingga ilmu ane juga tambah..

tidak lupa makan siang di SS kudus..murah meriah gan..malah dikira nasi bungkus ik sama temen kantor..wkwk..



udah ini dulu gan..tunggu trining selanjutnya

semoga bermanfaat..

alhamdulillahirobbil alamin

ULANG TAHUN SYUKURI DENGAN SHODAQOH

Assalamualaikum warohmatulloh
 
Atas berkat rohmat Alloh yang maha kuasa. setelah lama tidak membuat catatan karena kesibukan aktivitas dan enak jadi silent reader sedikit waktu buat corat-coret semoga bermanfaat. 
 
sebelum ane membuat catatan perlu ane muqodimahi dlu.. karena setiap orang itu bebas memberi penilaian, maka kalau tidak dijelaskan maksud catatan ini bisa menjadikan salah faham dan fitnah. saya kira kalau selalu positif thinking akan bisa mengambil hikmah tapi kalau suka sudah merasa menjadi tangan tuhan karena kepintarannya biasa nya selalu menghukumi sesuai keinginanya tanpa di lihat dari semua sudut. itulah mengapa perlu ane jelaskan bahwa maksud tulisan ane ini adalah untuk mengungkapkan pendapat menurut ane . jikalaulah benar pendapat ane boleh diikuti kalau salah jangan diikuti dan semoga Alloh selalu memberi petunjuk agar menjadi lebih baik..
 
dengan adanya pendapat yang berbeda akan muncul banyak kajian dan menjadikan kita mencari kebaikan. jadi tak masalah punya pendapat asalkan tidak kolot dengan pendapat pribadinya dan selalu belajar mencari kebenaran. yang tidak boleh itu punya pendapat dan merasa benar kemudian tidak menghormati pendapat orang lain.
 
walah malah banyak muqodimah..oke langsung aja ya gan..
 
sesuai dengan judulnya tentang ulang tahun apa maksudnya ane bahas mengenai acara hari ulang tahun yang biasanya dirayakan pada hari kelahiran dan dilaksanakan setiap tahun.

jadi ceritanya kemarin tangal 25 maret 2016 itu hari ulang tahun putri ane yang ke-3. kemudian jauh hari setelah ikut acara ulang tahun keponakan yang meriah yang ada kue nya ada lilinnya ada balonnya dan banyak jajanan, anak ane minta kayak gitu. dengan rengekan anak yang masih kecil siapa yang tidak hanyut dan kasian. kalaupun tidak ada harus diada-adakan demi kesenangan anak tersayang toh setahun sekali gak apa-apalah itu fikiran banyak orang tua. tentu saja itu juga yang terjadi ama istri ane. minta supaya ulang tahun ketiga putri kami dibuat meriah dan spesial seperti yang lainya. kasian katanya melihat ulang tahun tidak dirayakan. 
 
saya tanya putri kecil kami tentang pengen ndak ultah dirayakan. dia ingin kayak temen2 nya. tapi tak tanya apa itu ulang tahun..nggak paham juga. yang penting kalau ulang tahun itu yang tiup lilin nyanyi2 dll. jadi sebenarnya ulang dirayakan maupun tak dirayakan tak tahu dia..tahunya yo kayak temen2. kita orang tua saja yang sok tau perasaanya. disamakan dengan perasaan kita yang sudah dewasa.(ini ane nyeritain kelurga ane lho gan..jadi yang merasa sama jangan tersinggung). 
 
karena di tanya terus ama istri ane gimana ultah naila (nama putri ane). kemudian ane berdoa mohon petunjuk sama Alloh. bukannya ane nggak ada uang insyaAlloh kalau cuma buat beli kue, jajan ama laine cukuplah. tapi diluar itu ane belum pernah diajari sama bapak ane buat acara ultah tiup lilin dst. dipesantren juga nggak ada. kemudian ane cari-cari tuntunanya dalam islam , ane cari-cari di alquran belum ketemu, ane cari2 dikitab2 belum ketemu.
 
tapi ane temukan dasar yang membolehkan merayakan ulang tahun atau dalam islam mensyukuri nikmat umur. dasarnya adalah mengikuti dasar maulid nabi muhammad SAW..kalau yang menganut paham imam syafi’i dasarnya sangat kuat. memang maulid nabi bid’ah tapi merupakan bid’ah hasanah. karena Alloh pun bersholawat kepada muhammad dalam QS. al-Azhab: 56 “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”
 
lha kok malah jadi ustad. yang pertama dasar membolehkan karena karena nabi muhammad menghormati kelahiranya dengan puasa hari senin dan banyak lagi. oke ane setuju ultah anak ane disyukuri. selanjutnya cara mensyukurinya bagaimana?..apakah harus tiup lilin apakah harus pakai topi lancip dll..ane cari tuntunanya dan cara menyukuri nikmat umur adalah dengan membaca Alqur’an, bersholawat, berdoa dan memberikan shodaqoh. owh ketemu caranya terus kemudian ane cari juga yang sekarang merayakan ultah itu tuntunanya siapa?.apakah budaya jawa atau melayu bukan juga.
ternyata itu bukanlah tuntunan dari islam tetapi hebatnya kok bisa menjadi budaya..ini yang luar biasa. coba kita perhatikan ketika ulang tahun orang-orang diundang kemudian berkumpul, kemduian manyalakan lilin, terus tangan ditaruh didada kemudian meminta permohonan setelah itu meniup lilin..astaqfirulloh ini merupakan cara kaum majusi atau kaum penyembah api..dalam berdoa dengan cara tangan ditaruh didada dan menghadap ke api..trus pakai topi lancip itu apa artinya.tak cari-cari mungkin arahnya sampai ke sejarah ratu isabela.itu terjadi pada berabad2 tahun yang silam dimana selama 7 abad spanyol itu dipimpin oleh muslim kemudian akhirnya dipimpin oleh ratu issabela mohon maaf waktu itu beragama kristen. karena terlalu fanatik pada agamanya maka umat islam dan yahudi dipaksa untuk menjadi kristen..ada sedikit sejarahnya bisa dibaca di https://kaifa10.wordpress.com/2009/.... bukunya juga ada jadi bukan saya ngarang..karena masih banyak yang diam mengikuti ajaranya maka cara untuk mengetahui adalah dengan memakai topi lancip. kira2 seperti itu. inilah menurut pendapat saya bahwa cara melaksanakan ultah dengan tiup lilin dan pakai topi itu kurang pas. itulah bahayanya kalau kekuasaan dan harta tidak pada orang yang baik. jadi bener kata ulama kalau rakyat itu ikut pemimpin. makanya karena ane pimpinan bagi keluarga ane maka ane gunakan kekuasaan ane untuk kebaikan. mumpung masih kecil masih bisa diatur.
 
apalagi udah dikenalkan pada anak kita yang belum tahu apa2. apakah salah kalau merayakan ultah seperti orang-orang. saya kira tidak salah karena saya yakin tidak sampai ke hati. namun takutnya sesuatu yang sepele itu akan menjadi awal penggerusan akidah anak terhadap islam. sehingga semakin lama cara2 yang baik menurut islam hilang berganti cara agar wah, hura2 , kegiatan yang kurang bermanfaat dll.
 
inilah pendapat saya mengenai meraakan ulang tahun. apakah saya benar ya monggo diteliti dulu aja. boleh ikut boleh tidak bebas..boleh beda pendapat asal santun..jangan mudah terprovokasi dengan berita tidak jelas apalagi berita dikoran maupun TV. teliti dulu setiap ada berita. kekuatan negara ini adalah rakyatnya. selama rakyat itu cinta tanah air maka negara itu akan tetap kuat.
wa salamu ala manitabaal huda..(dan selamatlah bagi orang yang mengikuti petunjuk)
wassalmualikum warohmatulloh.