Senin, 13 Mei 2013

TABUNG TV + KAKI SOKET CRT

Assalamualaikum..

temen-temen sekarang ane kerjasama ama temen-temen rongsok. ya namanya juga usaha yang yang penting halal dan semoga barokah..hehe..

karena dapat TV dari rongsok tentu saja saya perlu cek apakah tabungnya normal atau tidak.kalau normal baru kita lanjut cek rangkaian TV..oke sobat jagat setelah ane gogling ane dapet dari temen-temen dan alhmadulillah membantu sekali..

simak coy....

dari temen..http://idham-info.blogspot.com/2010/03/warna-tv-dominan-merah-hijau-atau-biru.html

Warna TV dominan merah, hijau atau biru



CARA TEMBAK TABUNG.
Banyak kemungkinan penyebab kerusakan ini, yang saya bahas salah satunya kerusakan pada CRT/tabung gambar. Tapi anda harus konfirmasi dengan pemilik dahulu karena proses ini tak sepenuhnya berhasil, jika berhasil kondisi gambar TV akan kembali bagus meskipun tidak 100%. Jika tidak maka akan menyebabkan kondisi gambar kembali seperti semula bahkan menurut pengalaman saya akan bertambah buruk.
Anda cukup menyediakan trafo ukuran 500mA, kabel, lampu bohlam AC 60W,AVO meter & jack buntung.
INGAT: TV dalam kondisi mati, lepas soket CRT dari rangkaiannya, pasang kembali soket CRT pada leher CRT.
A.Mengetahui kondisi CRT:
1. Pasang rangkaian seperti gbr di atas, tapi hanya rangkaian trafo yang aktif (rangkaian trafo harus diaktifkan terus) & JACK jangan ditancapkan dulu ke 220AC, tunggu +/- 1 menit hingga leher tabung hangat.
2. Ukur hambatan masing2 katode B, G, & R dengan AVO meter posisi ohm 1K. Probe hitam AVO di jalur biru, & probe merah AVO di B, G, R, secara bergantian. jika menunjukkan 0 ohm maka kondisi tabung bagus, jika salah satu lebih dari 0 ohm, katode itu perlu ditembak. Jika ada 2 katode menunjukkan lebih dari 0 ohm, kemungkinan keberhasilan proses penembakan kecil.

http://www.infoservicetv.com/prinsip-kerja-crt-tv-dan-cara-memperbaiki-crt.html
B. Proses penembakan (rangkaian trafo tetap aktif)
1. Jika hambatan katode B misalnya lebih dari 0 ohm, hubungkan jalur hijau pada katode B kemudian tancapkan jack pada 220VAC.
2. Tunggu hingga bohlam menyala dengan terang, jika masih kedap2 berarti proses masih berjalan, jika sudah menyala terang berarti proses berhasil.
3. Lepas jack dari 220VAC, lakukan pengukuran kembali seperti pada poin A no.2. Jika nilainya sama, proses berhasil, jika tidak ulangi lagi.
4. Jika proses berhasil, lepas semua rangkaian seperti gbr di atas, kembalikan rangkaian TV seperti semula. Mungkin untuk beberapa proses yang berhasil anda masih harus mengatur kontras, brightnes, kontrol R-drive, G-drive & B-drive.

PROSES INI TIDAK BERBAHAYA JIKA DILAKUKAN DENGAN BENAR
Silahkan mencoba, jika ada kesalahan penulisan mohon untuk mengingatkan saya.

setelah tabung normal kita cek dengan mainboard tv china yang normal.buat ngecek aja cz kurang tahan lama..hehe...tapi soketnya sering berbeda so..mari kita samakan dulu ya guis..

dari link..http://meservice.blogspot.com/2012/02/skematic-diagram-socket-tabung-tv.html#.UZDaJ0pXfWk

Tabung TV colour mempunyai sejumlah pin yang jumlahnya  berbeda-beda dengan fungsi yang berbeda pula
Sebelum saya membahas tentang tabung TV akan saya  sampaikan salah satu pengalaman pahit selaku Teknisi Elek tronik, sudah berbagai pengalaman yang saya dapatkan se lama beberapa kali service televisi dengan berbagai merk bukannya saya sokpintar tetapi dengan hasil survey dan pe ngumpulan semua masalah yang saya catat selama ini ternya ta hal ini bukanlah hal yang diremehkan, akan tetapi justru harus diperhatikan, karena TV itu koncinya pada tabungnya hal ini berkaitan dengan kualitas gambar diantaranya : Focus ; Warna dan ketajaman cahaya.
   Dan perlu saya sampaikan juga pengalaman pahit yang  pernah saya alami, pada waktu itu karena belum tahu ten tang hal ini, pernah saya kena sengatan Highvoltage atau te gangan tinggi yang masih tersimpan pada tabung tv, akhirnya saya terpental kebelakang dengan tangan saya tarikkencang tanpa sengaja sikut tangan kena tembok dinding yang ada dibelakang saya, sakitnya minta ampun dengan rasa deg- degan mata byarpet-byapet alias pet-petan , bukannya TV yang byarpet tapi mata yang pet-petan..hahahaa..!tidak cu
ma itu pengalaman pahit yang saya alami ,bahkan ada seo rang teman teknisi yang tersengat highvoltage sampai go- song terbakar dan meninggal dunia, setelah aku selidiki ter nyata dia punya penyakit jantung. Yah ini betul-betul kejadi an nyata dan saya yakin teman-teman teknisi yang seprofesi dengan saya pasti banyak juga yang mengalami seperti apa yang saya alami.
   Sebelum kepokok pembahasan saya menghimbau pada teman-teman tingkatkan kesuperhati-hatiannya ketika anda sedang menservice televisi , yang harus selalu diingat dianta ranya sebagai berikut :
  • Matikan dulu power on/offnya
  • Lepaskan kabel power dari stopkontak listrik PLN
  • Buanglah tegangan highvoltage yang tersimpan di tabung
          dengan cara dikonsletkan/short ke ground mesin tv
  • Bagi yang mengidap penyakit jantung harus hati-hati    
   Sampai pada pokok bahasan tentang skema diagram pin  tabung TV colour bahwa jumlah pin tabung tv berbeda-bedayaitu : 8 pin ; 10 pin ; 12 pindibawah ini skema diagram tabung tv yang saya tayangkanberbentuk gambar skema dan tek sebagai keterangan jalurpenggunaannya. 
8 pin

11 pin



11 pin


12 pin
Keterangan Tek : KR=kaki Red ; KG= kaki Green
                          KB= kaki Blue ; Gnd = Ground
                          Fcs = Focus ; G2= Screen ; H= Heater
11 pin
   Dengan gambar diagram ini sengaja saya muat disini 

atau bisa dibandingkan dengan link..http://mamanservice.blogspot.com/2010/07/susunan-pin-crt-tv.html


1.Gnd (bisa kosong)
2.Gnd.
3.KG (green)
4.G2 (screen)
5.KR (red)
6.Heater
7.Heater
8.KB (blue)
9.Gnd (bisa kosong)

Tabung sejenis ini banyak dipakai pada Televisi & monitor



1.Gnd (bisa kosong)
2.Gnd
3.KG (green)
4.G2 (screen)
5.KR (red)
6.Heater
7.Heater
8.KB (blue)

Tabung sejenis ini jarang di gunakan pada Televisi & monitos yang beredar di pasaran.


1.KB (blue)
2.Heater
3.Heater
4.Gnd
5.KR (red)
6.G2 (screen)
7.KG (green)

Tabung sejenis ini di gunakan pada televisi (tabung leher kecil)



1.KB (blue)
2.Gnd
3.Gnd
4.Heater
5.Heater
6.KR (red)
7.Gnd
8.G2 (screen)
9.Gnd
10.KR (red)
11.Gnd

Tabumg sejenis ini digunakan pada Televisi keluaran lama.



1.G2 (screen)
2.Gnd
3.Heater
4.Heater
5.Gnd (bisa kosong)
6.KB (blue)
7.KG (green)
8.KR (red)
9.Gnd (bisa kosong)

Tabung sejenis ini kebanyakan di pakai pada Televisi merek Sony.



1.Gnd
2.Gnd (bisa kosong)
3.Heater
4.Heater
5.Gnd (bisa kosong)
6.KR (red)
7.KG (green)
8.KB (blue)
9.Gnd
10.G2 (screen)
11.Gnd (bisa kosong)

Tabung sejenis ini banyak juga di pakai TV merek Sony



1.Blue screen
2.Gnd
3.KB (blue)
4.Green screen
5.Heater
6.KG (green)
7.Heater
8.Gnd
9.KR (red)
10.Gnd
11.Red screen

Tabung jenis ini digunakan pada Televisi keluaran lama (TV kuno)

Alhamdulillah semoga bermanfaat ya temen-temen...

29 komentar:

  1. Gan... ini dilihat dr mana gan? Dr belakang tabung (belakang soket) atau dr depan soket? Jd pusing sendiri ane gan....

    BalasHapus
  2. Untuk tegangan apakah semua sama master?

    BalasHapus
  3. Gan kan d di ctr d kabel 4 jalur untuk d smbung k deket playbkak p bisa di sambung ngacak kabel nya kaki pin playbak 10 sedangkan kaki crt d 8 gmna gan cara sambung kabel yg jlurnya 4

    BalasHapus
  4. Sundul gan.. sangat bermanfaat, semoga mendapat keberkahan ilmu yang diamalkan
    Aamiin

    BalasHapus
  5. waah...dahsyat. postingan ini sangat membantu kami. salam TUSER bang...moga berkah selalu

    BalasHapus
  6. saya berterimakasih kpd teman2 teknisi yg membantu kami

    BalasHapus
  7. TOLONG DONG MAS DIBAHAS TENTANG PROTEKSI DAN PENGERTIANNYA POKOKE LENGKAP KAP..... MAKASIH SEBELUMNYA.......

    BalasHapus
  8. trimakasih sunggu mebantu saya baru belajar..

    BalasHapus
  9. Seumpama soket nya 12,,terus di ganti soket 7 vokus 1 cocok ga yaa

    BalasHapus
  10. tambah ilmu tentang per tv nan..

    BalasHapus
  11. Artikelnya sangat membantu bagi pemula yang baru belajar komponen elektronika, tentunya ini jadi referensi buat saya. terimakasih banyak,, salam kenal

    Toko Elektronik Terlengkap
    Jual Arduino Murah
    Jual Komponen IC TV
    Distributor Komponen Elektronika Murah
    Jual Hinode Fuse
    Jual Rotary Encoder
    Jual LCD Display

    BalasHapus
  12. Baru saya temukan tulisan anda. Smart! Maturnuwun bro....

    BalasHapus
  13. bqru nemuin postingan mantap, moga ilmu yang di posting menjadi amal dunia akherat aamiin

    BalasHapus
  14. Mas klo mengubah crt 9 ke 7 gimana yach, soalnya soket tabung yg lama 7 pin...blom paham bingung....

    BalasHapus
  15. Ijin nyatet guru, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  16. Terima kasih ilmunya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  17. Permisi bang aku mau tanya mengenai pin 10 + 2 fokus,itu yg ada blue screen dan ada red screen gimana pemasangannya kalo pake mesin tv cina, mohon penjelasannya trrimakasih bang.

    BalasHapus
  18. Klau cara pasang untuk pin 7 ke pin 9 bagaimn mas

    BalasHapus
  19. Sama seperti metode yg Abang berikan ...awal saya ukur Katoda G berada di 0 ohm dan katoda B 0 ohm..tetapi katoda R lebih dari 0 ohm ..saya cek dan pasang lampu mulai kedip dan nyala terang tetapi beberapa detik serasa sudah cukup ..pet lampu mati saya cabut colokan ke lampu terus tancap lg gak nyala lagi bang ..saya cabut trapo dansaya tancapkan lg tunggu kembali dan ukur lg semua katoda tidak menunjukan angka 0 ohm ...apakah CRT itu langsung rusak bang?

    BalasHapus