Selasa, 29 Maret 2016

ULANG TAHUN SYUKURI DENGAN SHODAQOH

Assalamualaikum warohmatulloh
 
Atas berkat rohmat Alloh yang maha kuasa. setelah lama tidak membuat catatan karena kesibukan aktivitas dan enak jadi silent reader sedikit waktu buat corat-coret semoga bermanfaat. 
 
sebelum ane membuat catatan perlu ane muqodimahi dlu.. karena setiap orang itu bebas memberi penilaian, maka kalau tidak dijelaskan maksud catatan ini bisa menjadikan salah faham dan fitnah. saya kira kalau selalu positif thinking akan bisa mengambil hikmah tapi kalau suka sudah merasa menjadi tangan tuhan karena kepintarannya biasa nya selalu menghukumi sesuai keinginanya tanpa di lihat dari semua sudut. itulah mengapa perlu ane jelaskan bahwa maksud tulisan ane ini adalah untuk mengungkapkan pendapat menurut ane . jikalaulah benar pendapat ane boleh diikuti kalau salah jangan diikuti dan semoga Alloh selalu memberi petunjuk agar menjadi lebih baik..
 
dengan adanya pendapat yang berbeda akan muncul banyak kajian dan menjadikan kita mencari kebaikan. jadi tak masalah punya pendapat asalkan tidak kolot dengan pendapat pribadinya dan selalu belajar mencari kebenaran. yang tidak boleh itu punya pendapat dan merasa benar kemudian tidak menghormati pendapat orang lain.
 
walah malah banyak muqodimah..oke langsung aja ya gan..
 
sesuai dengan judulnya tentang ulang tahun apa maksudnya ane bahas mengenai acara hari ulang tahun yang biasanya dirayakan pada hari kelahiran dan dilaksanakan setiap tahun.

jadi ceritanya kemarin tangal 25 maret 2016 itu hari ulang tahun putri ane yang ke-3. kemudian jauh hari setelah ikut acara ulang tahun keponakan yang meriah yang ada kue nya ada lilinnya ada balonnya dan banyak jajanan, anak ane minta kayak gitu. dengan rengekan anak yang masih kecil siapa yang tidak hanyut dan kasian. kalaupun tidak ada harus diada-adakan demi kesenangan anak tersayang toh setahun sekali gak apa-apalah itu fikiran banyak orang tua. tentu saja itu juga yang terjadi ama istri ane. minta supaya ulang tahun ketiga putri kami dibuat meriah dan spesial seperti yang lainya. kasian katanya melihat ulang tahun tidak dirayakan. 
 
saya tanya putri kecil kami tentang pengen ndak ultah dirayakan. dia ingin kayak temen2 nya. tapi tak tanya apa itu ulang tahun..nggak paham juga. yang penting kalau ulang tahun itu yang tiup lilin nyanyi2 dll. jadi sebenarnya ulang dirayakan maupun tak dirayakan tak tahu dia..tahunya yo kayak temen2. kita orang tua saja yang sok tau perasaanya. disamakan dengan perasaan kita yang sudah dewasa.(ini ane nyeritain kelurga ane lho gan..jadi yang merasa sama jangan tersinggung). 
 
karena di tanya terus ama istri ane gimana ultah naila (nama putri ane). kemudian ane berdoa mohon petunjuk sama Alloh. bukannya ane nggak ada uang insyaAlloh kalau cuma buat beli kue, jajan ama laine cukuplah. tapi diluar itu ane belum pernah diajari sama bapak ane buat acara ultah tiup lilin dst. dipesantren juga nggak ada. kemudian ane cari-cari tuntunanya dalam islam , ane cari-cari di alquran belum ketemu, ane cari2 dikitab2 belum ketemu.
 
tapi ane temukan dasar yang membolehkan merayakan ulang tahun atau dalam islam mensyukuri nikmat umur. dasarnya adalah mengikuti dasar maulid nabi muhammad SAW..kalau yang menganut paham imam syafi’i dasarnya sangat kuat. memang maulid nabi bid’ah tapi merupakan bid’ah hasanah. karena Alloh pun bersholawat kepada muhammad dalam QS. al-Azhab: 56 “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”
 
lha kok malah jadi ustad. yang pertama dasar membolehkan karena karena nabi muhammad menghormati kelahiranya dengan puasa hari senin dan banyak lagi. oke ane setuju ultah anak ane disyukuri. selanjutnya cara mensyukurinya bagaimana?..apakah harus tiup lilin apakah harus pakai topi lancip dll..ane cari tuntunanya dan cara menyukuri nikmat umur adalah dengan membaca Alqur’an, bersholawat, berdoa dan memberikan shodaqoh. owh ketemu caranya terus kemudian ane cari juga yang sekarang merayakan ultah itu tuntunanya siapa?.apakah budaya jawa atau melayu bukan juga.
ternyata itu bukanlah tuntunan dari islam tetapi hebatnya kok bisa menjadi budaya..ini yang luar biasa. coba kita perhatikan ketika ulang tahun orang-orang diundang kemudian berkumpul, kemduian manyalakan lilin, terus tangan ditaruh didada kemudian meminta permohonan setelah itu meniup lilin..astaqfirulloh ini merupakan cara kaum majusi atau kaum penyembah api..dalam berdoa dengan cara tangan ditaruh didada dan menghadap ke api..trus pakai topi lancip itu apa artinya.tak cari-cari mungkin arahnya sampai ke sejarah ratu isabela.itu terjadi pada berabad2 tahun yang silam dimana selama 7 abad spanyol itu dipimpin oleh muslim kemudian akhirnya dipimpin oleh ratu issabela mohon maaf waktu itu beragama kristen. karena terlalu fanatik pada agamanya maka umat islam dan yahudi dipaksa untuk menjadi kristen..ada sedikit sejarahnya bisa dibaca di https://kaifa10.wordpress.com/2009/.... bukunya juga ada jadi bukan saya ngarang..karena masih banyak yang diam mengikuti ajaranya maka cara untuk mengetahui adalah dengan memakai topi lancip. kira2 seperti itu. inilah menurut pendapat saya bahwa cara melaksanakan ultah dengan tiup lilin dan pakai topi itu kurang pas. itulah bahayanya kalau kekuasaan dan harta tidak pada orang yang baik. jadi bener kata ulama kalau rakyat itu ikut pemimpin. makanya karena ane pimpinan bagi keluarga ane maka ane gunakan kekuasaan ane untuk kebaikan. mumpung masih kecil masih bisa diatur.
 
apalagi udah dikenalkan pada anak kita yang belum tahu apa2. apakah salah kalau merayakan ultah seperti orang-orang. saya kira tidak salah karena saya yakin tidak sampai ke hati. namun takutnya sesuatu yang sepele itu akan menjadi awal penggerusan akidah anak terhadap islam. sehingga semakin lama cara2 yang baik menurut islam hilang berganti cara agar wah, hura2 , kegiatan yang kurang bermanfaat dll.
 
inilah pendapat saya mengenai meraakan ulang tahun. apakah saya benar ya monggo diteliti dulu aja. boleh ikut boleh tidak bebas..boleh beda pendapat asal santun..jangan mudah terprovokasi dengan berita tidak jelas apalagi berita dikoran maupun TV. teliti dulu setiap ada berita. kekuatan negara ini adalah rakyatnya. selama rakyat itu cinta tanah air maka negara itu akan tetap kuat.
wa salamu ala manitabaal huda..(dan selamatlah bagi orang yang mengikuti petunjuk)
wassalmualikum warohmatulloh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar