Selasa, 11 Oktober 2016

BUATLAH WASIAT UNTUK ANAK-ANAKMU KARENA ANAKMU PERLU DI ARAHKAN KE JALAN TUHAN

Assalamualaikum

halo sobat jagat, gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat barokah dalam hidup ini..amin

mohon maaf sudah beberapa bulan setelah memegang proyek relokasi jadi jarang posting-posting lagi..padahal begitu banyak yang ingin ane corat-coret tapi karena kesibukan jadi daya belum sampai ke keinginan..hayah kayak penyair aja..


postingan ane kali ini mengangkat tema tentang wasiat kepada anak-anakmu. sebenarnya ini bukan hal yang baru bagi saya tetapi sudah sejak jauh hari bahkan sebelum nikah sudah menyiapkan sebuah wasiat untuk sang penerus pelipur hati. 

apakah penting sebuah wasiat ?..

sangatlah penting wasiat itu karena anak2 itu tidak mungkin tahu tujuan hidupnya dan hanya melihat sekitar terutama keluarga. apakah sudah betul hidup kita. kebanyakan mereka meniru tak jauh apa yang orang tua kerjakan. kalau orang tuanya polisi anaknya ikut polisi, orang tua guru anaknya juga guru bahkan jika ayahnya penjudi anaknya sedikit banyak ikut menjadi penjudi. tetapi semua orang tua tentunya pengen anaknya menjadi orang yang baik bahkan kalau orang islam ingin anaknya soleh. walaupun kebanyakan orang tua di ajak ngaji aja susah.

untuk itu pentingnya wasiat yang baik yang akan mengantarkan anak2 untuk selalu tidak mengalahkan 3 cinta..yaitu :
1. cinta Alloh
2. cinta rosululloh
3. cinta perjuangan
karena hanya dengan cinta saja dapat menembus akal fikir yang selalu memakai logika dalam melihat sesuatu. padahal tuhan tidak bisa dilihat dengan akal fikir tapi hanya mampu dilihat dengan cinta karena cinta tidak melihat bentuk tetapi melihat keindahan..
- bagaimana mungkin kita tidak cinta Alloh kalau setiap melihat ciptaannya kita menjadi takjub, kita menjadi kecil dan menjadi seorang hamba yang selalu disayang setiap saat tanpa kita minta.
- bagaimana mungkin kita tidak cinta rosululloh kalau gerak langkah kita yang menuju kehidupan yang hakiki hanya mampu terjadi bila mengikuti beliau rosululloh sang penunjuk jalan kebenaran
- dan bagaimana mungkin kita tidak cinta perjuangan kalau didalam perjuangan kita dapat mengenal rosululloh dan akhirnya dapat mengenal Alloh. karena setiap langkah menuju perjuangan adalah langkah yang di iringin dengan iman.

karena itu dalam sebelum nikah saya sudah menyiapkan sebuah wasiat agar keluargaku terutama anak2 tidak boleh meninggalkan perjuangan dalam hal ini perjuangan di shiddiqiyyah karena ane sendiri mengikuti dan meyakini perjuangan dishiddiqiyyah adalah perjuangan yang hakiki yaitu perjuangan lailahailalloh. artinya perjuangan yang hanya untuk Alloh bukan karena materi maupun pujian2 dari orang lain.

dalam melaksanakan perjuangan di shiddiqiyyah begitu berat dan payahnya tanpa adanya sebuah organiasi sedangkan organisasi memerlukan materi. kalau hanya organisasi tanpa materi akan terasa berat. untuk itu saya teringat penjelasan bapak kyai mengenai kemamkmuran sebuah negeri, sebuah kota, desa bahkan keluarga ada 4 kunci. dan jika ini terlaksana maka akan menjadikan kemakmuran sebuah negeri tersebut.
apakah 4 kunci kemakmuran negeri tersebut :
1. ilmu ulama
2. pemimpin yang adil
3. orang kaya yang dermawan
4. doa orang miskin


dan kalau ke 4 itu ada dalam negara, dalam kota maupun dalam keluarga maka akan terjadi kemakmuran. sebuah keluarga mempunyai pemimpin yang adil dan bijaksana, kemudian mempunyai ilmu yang bermanfaat, memiliki kedermawanan yang terakhir memiliki doa yang baik maka keluarga tersebut akan tentram dan tetap istiqomah didalam ombang-ambing gelombang keadaan. bahkan negara pun akan akan makmur jika itu terpenuhi.

KARENA ITULAH ANE MEWASIATKAN KEPADA ISTRI ANE JAUH2 HARI :

1. ANAK2 KITA TIDAK BOLEH MENINGGALKAN PERJUANGAN SHIDDIQIYYAH
2. - ANAK PERTAMA KITA JADIKAN AHLI ILMU AGAMA(SUDAH LAHIR)
    - ANAK KEDUA KITA JADIKAN PENGUSAHA YANG DERMAWAN (SUDAH LAHIR)
    - ANAK KETIGA KITA JADIKAN PEMIMPIN YANG ADIL(BELUM LAHIR)
KETIGA ANAK TERSEBUT SEMUANYA PUNYA ANDIL DALAM PERJUANGAN DAN HARUS BERSATU SALING MEMBANTU DALAM PERJUANGAN
3. NANTI BUATLAH SHILATUROHMI DENGAN PUNCAK NASAB DARI AYAH SAYA ATAU KAKEK DARI ANAK2 ( SHILATUROHMI BANI SUKARI ). YANG AHLI ILMU PUNYA ANDIL DALAM MEMBERIKAN SARAN DAN NASEHAT, YANG PENGUSAHA PUNYA ANDIL DALAM KEBUTUHAN MATERI DAN YANG PEMIMPIN PUNYA ANDIL DALAM MENGATUR JALANYA ACARA. 
BEGITULAH KETIKA PUNYA HAJAT LEBIH BESAR. MISAL ANAK KETIGA MENJADI PEIMPIN KOTA BAHKAN NEGARA MAKA ADA BAGIAN KETAHANAN MATERI DAN ADA KETAHANAN ILMU . DAN SELANJUTNYA DITAMBAH DENGAN PERMOHONAN DOA DARI ORANG YANG KURANG MAMPU. 
JIKA ANAK PERTAMA PUNYA HAJAT DALAM DAKWAH MAKA YANG PENGUSAHA BAGIAN KETAHANAN MATERI DAN PEMIMPIN MENJADIKAN KETAHANAN DALAM HAL HUKUM DAN LEGALITAS. TIDAK MENINGGALKAN DOA DARI ORANG2 YANG KURANG MAMPU
DAN JIKA ANAK KEDUA PUNYA HAJAT USAHA BESAR MAKA ANAK PERTAMA PUNYA BAGIAN DALAM HAL ILMU DAN NASEHAT DAN PEMIMPIN PUNYA ANDIL DALAM MEMBANTU SEGI HUKUM DAN LEGALITAS NEGARA. TIDAK MENINGGALKAN DOA DARI ORANG2 YANG KURANG MAMPU

begitulah sebuah wasiat akan menjadikan orang tua punya tujuan hidup dan berusaha untuk melakukan sesuatu usaha agar anak2 bisa mencapai cita-cita dan pastinya bisa menyelamatkan kita dunia dan akherat..

mungkin inilah sedikit coretan ane yang merupakan wasiat ane ke istri dan anak2. semoga Alloh selalu menjadikan keluarga kami menjadi keluarga yang selalu berjuang di jalan shiddiqiyyah amin..

alhamdulillahirobbil alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar